Event & Press Release Karakter Komik Bisa Diajak Ngobrol dengan AI.KOMA

Membaca komik dan mengikuti alur cerita perjalanan sang karakter adalah kegiatan komunikasi yang cenderung berjalan satu arah. Namun apa jadinya jika membaca komik bisa menjadi pengalaman komunikasi dua arah, antara pembaca dan karakter di komik tersebut? Akoma sebagai platform komik online dari Indonesia kini memiliki terobosan baru bernama AI.KOMA di mana pembaca bisa saling bertukar pesan dengan seorang karakter komik.

Penerapan Teknologi AI Secara Etis yang Tidak Merugikan Kreator

Sesuai dengan namanya, fitur baru AI.KOMA dari Akoma ini menggabungkan teknologi AI (Artificial Inteligence) dalam platform komik. Namun kehadiran teknologi AI terutama dalam bidang industri kreatif selalu menjadi perdebatan terutama dalam hal hak cipta. Karena itu, sebagai platform yang mendukung kreator lokal, Akoma meyakinkan bahwa fitur baru ini adalah bentuk penggunaan AI yang jauh lebih etis tanpa merugikan kreator.

Pada dasarnya fitur AI.KOMA dari Akoma ini adalah sebuah Chatbot yang memungkinkan pembaca untuk bisa berinteraksi dengan karakter komik. Hal inilah yang membuat penggunaan teknologi AI dalam fitur ini menjadi lebih etis. Karena fitur ini mengusung konsep Chatbot yang dibuat dari dataset yang telah ditentukan, bukan generative AI yang mengambil data tanpa memperhatikan hak cipta.

Membawa Karakter Komik ATMA Menjadi Lebih Hidup

ATMA AI.Koma 2

Dengan AI.KOMA Kamu Bisa Berinteraksi Dengan ATMA!

Untuk perilisan pertamanya, platform komik ini mengusung karakter dari komik ATMA karya Agustian Noor dan Opik Roy. Komik ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Kheelan yang berjuang melawan roh jahat demi menyelamatkan temannya bernama Sukma yang menghilang secara misterius. Seri ini sudah terbit sepanjang 65 episode di platform Akoma dan telah dibaca oleh lebih dari 100 ribu pembaca.

Dengan adanya fitur ini, pembaca bisa lebih dalam mengenal dan berinteraksi dengan karakter dari komik ATMA. Fitur ini bisa memberikan pengalaman membaca komik yang jauh lebih imersif kepada para pembaca.

Fitur Chatbot yang Bisa Digunakan Secara Gratis

Fitur AI.KOMA ini sendiri sudah bisa digunakan oleh seluruh pembaca platform Akoma mulai tanggal 29 Februari 2024. Sebelum menggunakan fitur ini, pembaca harus melakukan pembaruan (update) aplikasi Akoma melalui Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat Apple. Pembaca bisa mencoba fitur ini secara gratis tanpa ada biaya atau pembelian tambahan dalam bentuk apapun.

Keberadaan fitur ini tentu menjadi hal baru bagi para pembaca komik di Indonesia. Karena itu Akoma selaku platform komik lokal berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi ini. Dalam pengembangannya, fitur AI.KOMA ini diharapkan bisa dikembangkan untuk membuat pembaca bisa berinteraksi dengan karakter lain dari seri komik yang rilis di platform Akoma.

Penulis
Sieghart
Sieghart
Waspada lah Makhluk Hitam