Event & Press Release Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Seputar Otaku – Comic Frontier (Comifuro), ajang pameran kreatif yang diadakan dalam dua kali setahun kembali hadir pada tanggal 16-17 Desember 2023. Pada gelaran kali ini, Comifuro ke-17 bertempat di Hall 7-10 ICE BSD, Pagedangan, Tangerang. Selama dua hari, acara ini menjadi wadah tempat bertemunya para pegiat karya kreatif dan komunitas pop kultur.

Comifuro menyediakan wadah ekspresi untuk para kreator Doujinshi, yaitu istilah bahasa Jepang yang mengacu kepada “karya yang diterbitkan sendiri (secara independen)”. Umumnya para Doujinshi Artist membuat karya secara kolektif dalam grup yang disebut sebagai Circle. Adanya kesamaan minat terhadap suatu jenis karya menjadi motivasi pendorong berkumpulnya para Circle yang berpartisipasi di acara ini.

Karya yang dibuat oleh para Circle ini juga cukup beragam. Mulai dari komik, ilustrasi, novel, musik, virtual content, hingga game dan animasi semua bisa ditemukan di acara ini. Sebagian besar Circle yang tergabung terlibat dalam pembuatan karya derivatif dari suatu fandom tertentu. Namun tidak sedikit juga yang membuat karya dari IP (Intellectual Property) orisinil mereka masing-masing. Daftar para Circle Doujinshi dan jenis karya yang dibuat dirangkum dalam Web Catalog yang bisa diakses melalui tautan catalog.comifuro.net.

comifuro

Comifuro Web Catalog

Berbagai Fasilitas dan Acara Menarik Menanti Pengunjung

Comifuro 17 mengambil tempat di empat hall, mulai dari Hall 7 hingga Hall 10, dengan pintu masuk utama melalui Pre-Function Hall 10. Pengunjung memiliki kebebasan untuk menjelajahi Hall 10 hingga Hall 7 tanpa ada pembatas di antara hall tersebut. Hall 10 menjadi pusat kegiatan Corporate Booth dan pertemuan komunitas pop kultur. Berbagai perusahaan kreatif, seperti studio, toko hobi, dan pengembang permainan video, turut serta dengan berbagai pameran dan aktivitas.

Corporate Booth di Hall 10 melibatkan partisipasi berbagai perusahaan kreatif dalam negeri, sementara komunitas pop kultur, termasuk komunitas komik, game, dan transportasi, juga turut serta dalam acara ini. Setelah melewati Hall 10, pengunjung dapat melanjutkan ke Circle Market di Hall 8-9, di mana lebih dari 1.000 Circle Doujinshi memamerkan karya-karya kreatif mereka. Transaksi di area ini berlangsung dari jam 09:30 hingga 18:00 WIB, dengan aturan ketat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Tak hanya itu, Comifuro 17 menawarkan Main Stage yang menjadi panggung untuk berbagai acara hiburan. Pengunjung dapat menikmati diskusi panel yang membahas beragam topik menarik seputar pop kultur, di samping penampilan kreator musik, komik, game, dan animasi sebagai bintang tamu di panggung utama.

Comifuro 17 Cosplay Area

Comifuro 17 Cosplay Area

Area dan Fasilitas Khusus untuk Cosplayer

Untuk mewadahi kegiatan cosplay, Comifuro 17 menyediakan area khusus Cosplay. Area ini berada di berbagai tempat mulai dari Loading Dock Hall 7-9, Pre-function area, dan area taman ICE BSD. Area ini disediakan sebagai ruang ekspresi bagi para Cosplayer yang lebih leluasa. Diharapkan dengan area khusus ini kegiatan Cosplayer tidak terganggu oleh kegiatan lain yang ada di dalam hall.

Comifuro 17 mendukung kegiatan cosplayer dengan menyiapkan fasilitas tambahan. Fasilitas seperti Ruang Ganti bisa digunakan oleh semua pengunjung termasuk Cosplayer. Ada 2 (dua) Ruang Ganti yang tersedia yaitu di Loading Dock Hall 9 dan di dekat Main Stage. Ruang Ganti bisa digunakan dengan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Penitipan Barang tersedia di berbagai lokasi yaitu di Loading Dock Hall 9, dekat Main Stage dan loket Hall 8. Pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 untuk penitipan barang berukuran tas ransel. Sedangkan untuk barang berukuran besar seperti koper dikenakan biaya sebesar Rp20.000.

Comifuro 17 Ticket

Comifuro 17 Ticket

Langsung Beli Tiket Sekarang Juga!

Untuk masuk ke Comifuro 17 pengunjung harus memiliki tiket terlebih dahulu yang bisa dibeli secara online. Harga tiket masuk dijual sebesar Rp65.000 (belum termasuk biaya platform dan biaya transaksi). Tiket bisa dibeli melalui platform Ticket 2 U dengan mengakses tautan disini.

Pengunjung disarankan melakukan pembelian tiket sebelum hadir ke venue. Pada saat acara berlangsung tidak ada pembelian tiket secara langsung. Seluruh pembelian tiket dilakukan secara online melalui Ticket 2 U hingga acara berakhir dan selama persediaan masih ada. Setelah melakukan pembelian, harap simpan QR Code dengan mengunduh secara offline untuk mempermudah proses penukaran tiket di hari acara.

 

Tagar
Penulis
Lida
Lida
Tukang Nge Post