Anime Review Shadows House (2021-2022)

Shadow House adalah serial manga yang ditulis dan di illustrasikan oleh Shoumatou, Shadow House sendiri telah diadaptasi menjadi anime yang yang saat ini sudah sampai Season kedua. Diproduksi oleh studio Cloverworks, anime ini memiliki genre Seinen, Slice of Life, dan Supernatural.

Sinopsis

Berlatar disebuah mansion megah yang berada disebuah bukit besar, mansion itu didiami oleh sekelompok makhluk aneh mirip Bayangan yang suka berperilaku layaknya seorang Bangsawan, dan sebuah Boneka yang setia melayani para Bayangan sebagai tuannya.

Cerita akan berfokus kepada Kate dan Emilico seorang Tuan dan Pelayan yang memiliki sifat berbanding terbalik dengan para Bayangan dan Boneka lainnya, karena Emilico yang memiliki sifat penasaran perlahan namun pasti mereka sedikit demi sedikit mengungkapkan keberadaan mengenai mansion besar tersebut.

Plot Unik Gabungan Slice of Life & Misteri

Shadow House sendiri menceritakan tentang perjalanan Kate dan Emilico dalam memecahkan misteri didalam Shadow House (mansion misterius yang penuh dengan misteri), Kate seorang Bayangan yang memiliki sifat penyayang dan dingin & Emilico seorang Boneka yang memiliki sifat ceria dan suka penasaran akan sesuatu yang ia lihat.

Perlahan namun pasti mereka akan memecahkan misteri kelam dari Shadow House itu sendiri, bukan hanya mereka berdua saja, Kate dan Emilico akan ditemani oleh beberapa Bayangan dan Boneka yang mereka anggap sebagai teman dan memecahkan misteri Shadow House bersama-sama.

"Peringatan! Shadow House memiliki beberapa Plot yang cukup dark bagi kamu yang berharap anime ini bakal adem anyem aja!"

Kate & Emilico, Magnets that Change their Friends.

Kate dan Emilico adalah pusat dan magnet dari semua kejanggalan di Shadow House, dan mereka lah juga yang merubah para Shadow dan Boneka lain menjadi lebih baik lagi.

Emilico seorang Boneka yang memiliki sifat berbanding terbalik dengan para Boneka lainnya yang sejak awal sudah didoktrin untuk terus menghormati tuannya, membuang semua perasaan dan terus mengabdikan dirinya untuk Shadow House, namun Emilico selalu tersenyum dan membantu Boneka lain walaupun hal itu tidak menguntungkannya sama sekali.

Emilico saja sampai dicap sebagai produk gagal karena sifatnya yang naif dan terus membantu orang lain, tapi sifat Emilico tersebutlah yang menjadi kekuatannya dan sifatnya yang seperti itulah yang merubah persepsi dan sifat para Bayangan & Boneka lain menjadi lebih baik lagi.

Can you Love a Faceless Shadow?

Kate pada awalnya memiliki sifat yang dingin dan tidak peduli dengan orang lain selain kepada pelayanannya Emilico, namun karena ia sudah melihat berbagai macam perubahan yang dilakukan oleh Emilico, perlahan sifat Kate yang awalnya dingin malah berubah menjadi lebih peduli dengan sekitar bahkan ia memiliki beberapa teman yang bisa ia percayai karena Emilico.

Perlahan namun pasti Kate terus berubah menjadi seorang wanita yang tegas, bijak dan perduli dengan temannya, ia tidak akan membiarkan siapapun menyakiti temannya, walaupun terkadang Kate masih bersikap dingin dan tidak peduli, namun sebenarnya Kate sangat peduli dengan keadaan temannya bahkan ia sering khawatir jika temannya bersikap aneh.

Soundtrack Super Enak dari beberapa Artis Terkenal!

Soundtracknya di Shadow House di isi oleh beberapa artis terkenal seperti Suehiro Kenichiro yang mengisi opening diseason 1 Shadow House juga pernah mengisi Musik dibeberapa anime terkenal seperti Re : Zero, Goblin Slayer, Enen no Shouboutai, Hataraku Saibou, Golden Kamuy dan masih banyak lagi.

Selain Bang Suehiro, Mbak ReoNa juga mengisi lagu ending di season 1 dan Opening season 2 anime ini! Gak ketinggalan ada ClariS (Mahou Shoujo Madoka Magica, Nisekoi, Nisemonogatari, Eromanga-sensei, Lycoris Recoil) yang mengisi lagu ending season ke-2 Shadow House.

Musik dianime ini juga menjadi nilai plus dan sangat membantu disaat adegan Krusial dimulai, bisa dibilang musik menjadi salah satu kunci dianime ini dan tanpa musik adegan tegang dianime ini akan menjadi kurang dan biasa aja.

Desain Character Imut & Latar Background yang Detail

Gue suka banget sama Desain Karakter di Shadow House karena penggambaran wajah karakternya yang imut-imut yang juga jadi salah satu nilai jual dianime ini, gak cuman itu penggambaran latar background dianime ini bisa juga bagus dan detail banget, namun walaupun begitu pengaplikasian 3D effect di Shadow House masih terasa kurang dan rada kaku.

Shadow House juga memiliki desain karakter yang sangat menarik, dan detail grafis yang bagus, walaupun masih ada beberapa kekurangan seperti 3D animationnya yang lumayan kaku saat scene melawan Kobiritsuki tapi menurutku hal itu masih bisa dimaklumi karena fokus anime ini bukan ke adegan action melainkan ke Misterinya.

Kesimpulan

Walaupun cukup unpopular Shadow House sendiri memiliki jalan cerita yang sangat fresh, bercerita tentang kehidupan sehari-hari Shadow dan Doll (Slice of Life) dan dibalut dengan beberapa Misteri yang ada di dalam Shadow House (Mystery).

Kate dan Emilico menjadi karakter yang sangat penting dan membekas karena sifat mereka masih-masing yang cukup unik, semua karakter dianime ini juga memiliki posri Character development mereka masih-masing dan tentu saja development mereka akan dibantu oleh Emilico yang menjadi MAGNET dianime ini.

Overall, Shadow House sendiri menjadi anime yang sangat wajib untuk kalian tonton, Shadow House memiliki Plot yang sangat fresh dan story yang gak terlalu berat tapi masih bisa membuat kalian penasaran dan menebak-nebak plot twist yang akan dihadirkan di kelanjutan ceritanya. "Bukan anime Slice of Life biasa" adalah sebutan yang sangat cocok untuk menggambarkan anime ini.

Penulis